Analisis Masalah Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Penandai Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar di SMA
Analisis Masalah Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter
dalam Novel Sang Penandai Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya Sebagai Materi
Ajar di SMA
Muhammad
Sobari1, Uah Maspuroh2, Sinta Rosalina3
Universitas
Singaperbangsa Karawang, Indonesia1,2,3
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat menariknya
untuk diteliti novel Sang Penandai karya Tere-Liye karena makna yang terkandung
di dalam novel sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, yakni masalah-masalah
sosial yang terjadi dalam masyarakat serta banyak ditemukannya nilai pendidikan
karakter dalam novel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
masalah sosial dan nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Penandai karya
Tere Liye, serta hasil analisis dalam novel Sang Penandai karya Tere-Liye terhadap
pemanfaatannya sebagai materi ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian deskriptif kualitatif model teori masalah sosial Soerjono Soekanto
dan model nilai pendidikan karakter Sri Narwanti. Hasil penelitian menunjukkan
masalah-masalah sosial yang terdapat dalam novel Sang Penandai karya Tere-Liye
yakni kemiskinan; kejahatan; disorganisasi keluarga; peperangan; dan
pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat. Adapun hasil penelitian yang
menunjukkan nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Penandai karya Tere Liye
yakni religius; jujur; kreatif; rasa ingin tahu; bersahabat; dan tanggung
jawab. Kemudian hasil penelitian ini dijadikan sebagai materi ajar pembelajaran
sastra bahasa indonesia tingkat Sekolah Menengah Atas kelas XII semester genap.
Kata Kunci: masalah sosial; materi ajar; novel,
pendidikan karakter.
Sumber:
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan
Volume 4 Nomor 3 Tahun 2022
Halm 4093 – 4101
Komentar
Posting Komentar