ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SEKOLAH DASAR
ANALISIS
PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SEKOLAH DASAR
Dewi
Widiana Rahayu1) & Mohammad Taufiq2)
1,2Prodi
PGSD, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penguatan pendidikan
karakter melalui living Values
Education di sekolah
dasar. Penelitian ini
merupakan penelitian studi
kasus dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini didasari oleh paradigm konstuktivistik dengan
seperangkat prosedur metodologis
naturalistic (nyata/alami), dengan
kriteria kredibilitas,
transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dengan melakukan
observasi, wawancara, dan dokumentasi
dalam pengambilan data.
Teknik analisis data
menggunakan model analissi Miles&Huberman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa
penguatan pendidikan karakter
di SDN Kranggan 4 Kota Mojokerto
selama masa pandemi
terlihat dalam kegiatan-kegiatan belajar
dari rumah melalui pemberian tugas-tugas kecakapan hidup misalnya
menyiram tanaman, akti. Dengan demikian
akan diperoleh suatu
gambaran yang sistematis,
aktual, akurat mengenai
fakta-fakta tentang
penguatan pendidikan karakter
yang dikembangkan selama
wabah COVID-19 dengan program School from Home. Peran orang
tua dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter, kendala yang dihadapi guru
dalam melaksanakan LVE, serta upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut
secara luas dan mendalam dan dilakukan kategorisasi dalam tema-tema untuk
menemukan konsepsi tematik mengenai penguatan pendidikan karakter melalui LVE.
Berdasarkan temuan yang berupa proposisi-proposisi yang selanjutnya dilakukan
analisis pengembangan kerarah konseptual untuk
mendapatkan abstraksi tentang
penguatan pendidikan karakter
melalui LVE di
Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter & Living Values
Education
Sumber:
Jurnal Inovasi Penelitian
Vol.1 No.7 Desember 2020
Komentar
Posting Komentar