Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
SMP Pada Materi Teorema Pythagoras
Alfi
Rahmawati1, Attin Warmi2, Rina Marlina3
1,2,3
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Singaperbangsa Karawang, Jl. HS. Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec.Telukjambe
Timur, Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisa kemampuan
siswa menyelesaikan persoalan matematika memakai materi teorema Pythagoras.
Objek penelitian ini yakni siswa kelas IX SMPN 16 Bekasi dengan jumlah 26
siswa, memakai teknik purposive sampling, yakni memilih 3
siswa menurut kategori
kemampuan menyelesaikan masalah matematika tinggi, sedang, serta rendah.
Alat bantu dipenelitian ini yakni peneliti sendiri dengan alat tes serta pedoman wawancara bagi kemampuan menyelesaikan masalah matematika
siswa. Hasil penelitian memperlihatkan siswa dengan berkemampuan tinggi bisa menyelesaikan soal, namun mereka kurang serius membaca soal.
Siswa pada kategori
kemampuan sedang tak bisa
mengerjakan soal yang karena hanya bisa memahami masalah
yang diberikan. Siswa dengan
kemampuan rendah tak dapat mengerjakan
soal yang ada sebab masih kesulitan
memahami soal.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, teorema
Pythagoras
Sumber:
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Volume 06, No. 01, Maret 2022, pp. 365-374
Komentar
Posting Komentar