Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras

 

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras

Alfi Rahmawati1, Attin Warmi2, Rina Marlina3

1,2,3 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS. Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, Indonesia

 

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisa kemampuan siswa menyelesaikan persoalan matematika memakai materi teorema Pythagoras. Objek penelitian ini yakni siswa kelas IX SMPN 16 Bekasi dengan jumlah 26 siswa, memakai teknik  purposive  sampling, yakni memilih  3  siswa  menurut  kategori  kemampuan menyelesaikan masalah matematika tinggi, sedang, serta rendah. Alat bantu dipenelitian ini yakni peneliti sendiri dengan alat tes serta pedoman  wawancara bagi kemampuan menyelesaikan masalah  matematika  siswa.  Hasil  penelitian memperlihatkan siswa dengan berkemampuan  tinggi bisa menyelesaikan  soal, namun mereka  kurang serius membaca  soal.  Siswa  pada  kategori  kemampuan  sedang tak  bisa  mengerjakan soal yang  karena  hanya bisa memahami  masalah  yang  diberikan.  Siswa dengan  kemampuan rendah tak  dapat mengerjakan soal  yang ada sebab masih kesulitan memahami soal.

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, teorema Pythagoras

 

Sumber:

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Volume 06, No. 01, Maret 2022, pp. 365-374

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan