ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING

 

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING

Indah Suci Zaleha, Erfan Ramadhani, Aldora Pratama

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang

 

Abstrak

Masalah penelitian  ini  untuk  mengetahui  bagaimana  gambaran  kemampuan  literasi  digital  siswa  kelas  V, mengetahui  kemampuan  mengakses  informasi  di  internet,  mengetahui  kemampuan  mengelola  informasi  di internet,  mengetahui  kemampuan  menggunakan  informasi  yang  tersedia  di  internet.  Metode  yang  peneliti gunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dan  deskriftif.  Informasi  penelitian diperoleh  dari  informan  guru  kelas  V  dan  siswa  kelas  V.  pengumpulan  data  pada  penelitian  ini  melalui observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Teknis  analisis  data  yang  digunakan  yaitu  data reduction(reduksi data),  data display(penyajian  data),  kesimpulan  atau verifikasi. Berdasarkan  dari  hasil  penelitian  dapat mengambil  kesimpulan  bawasannya  kemampuan  literasi  digital  pada  siswa  kelas  V  dengan  menggunakan informasi  melalui  media  digital  berdampak  kearah  positif.  Yang  artinya  siswa  kelas  V  sudah  dikatakan  cukup baik  dalam  mengakses,  mengelola  dan  menggunakan  informasi    untuk  keperluan  pendidikan  maupun  di kehidupan  sehari-hari. Selain  itu  dalam memanfaatkan  informasi  di  internet  siswa  kelas  V  sudah menerapkan dalam   pembelajaran   disekolah   dengan   menerima   informasi,   berkomunikasi   dan   memanfaatkan   untuk menyelesaikan tugas-tugas disekolah. Adapun pendapat dari siswa suatu informasi yang ada di internet sangat bermanfaat   mampu   memperkaya   wawasan   digital,   pengetahuan   dan   mendorong   siswa   untuk   mencari informasi  melalui  berbagai  sumber  referensi  yang  tersedia  di  internet.  Dengan  demikian  hasil  dari  penelitian kemampuan literasidigital pada siswa kelas V sudah cukup baik dan mengarah ke hal yang positif yang artinya siswa  kelas  V  sudah  mampu  mengakses,  mengelola,  dan  menggunakan  informasi  di  internet  dengan  cukup baik.

 

Kata Kunci: Kemampuan, Literasi Digital, Pada Siswa

 

Sumber:

Jurnal Pendidikan dan Konseling

Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan