ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING
ANALISIS
KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING
Indah
Suci Zaleha, Erfan Ramadhani, Aldora Pratama
Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
Abstrak
Masalah penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana
gambaran kemampuan literasi
digital siswa kelas
V, mengetahui kemampuan mengakses
informasi di internet,
mengetahui kemampuan mengelola
informasi di internet, mengetahui
kemampuan menggunakan informasi
yang tersedia di
internet. Metode yang
peneliti gunakan dalam penelitian
ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dan deskriftif.
Informasi penelitian
diperoleh dari informan
guru kelas V
dan siswa kelas
V. pengumpulan data
pada penelitian ini
melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Teknis analisis data
yang digunakan yaitu
data reduction(reduksi data),
data display(penyajian data), kesimpulan
atau verifikasi. Berdasarkan
dari hasil penelitian
dapat mengambil kesimpulan bawasannya
kemampuan literasi digital
pada siswa kelas
V dengan menggunakan informasi melalui
media digital berdampak
kearah positif. Yang
artinya siswa kelas
V sudah dikatakan
cukup baik dalam mengakses,
mengelola dan menggunakan
informasi untuk keperluan
pendidikan maupun di kehidupan
sehari-hari. Selain itu dalam memanfaatkan informasi
di internet siswa
kelas V sudah menerapkan dalam pembelajaran disekolah
dengan menerima informasi,
berkomunikasi dan memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas disekolah.
Adapun pendapat dari siswa suatu informasi yang ada di internet sangat
bermanfaat mampu memperkaya
wawasan digital, pengetahuan
dan mendorong siswa
untuk mencari informasi melalui
berbagai sumber referensi
yang tersedia di
internet. Dengan demikian
hasil dari penelitian kemampuan literasidigital pada
siswa kelas V sudah cukup baik dan mengarah ke hal yang positif yang artinya
siswa kelas V
sudah mampu mengakses,
mengelola, dan menggunakan
informasi di internet
dengan cukup baik.
Kata Kunci: Kemampuan,
Literasi Digital, Pada Siswa
Sumber:
Jurnal Pendidikan dan
Konseling
Volume 4 Nomor 4 Tahun
2022
Komentar
Posting Komentar