ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN, JUJUR, DAN TANGGUNG JAWAB SD DI KECAMATAN RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU
ANALISIS
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN, JUJUR, DAN TANGGUNG JAWAB SD DI KECAMATAN RANTAU
SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU
Ayu
Hantika1), Rohana2)
1)
Universitas Labuhanbatu, Rantau Prapat, Indonesia
2)
Universitas Labuhanbatu, Rantau Prapat, Indonesia
Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui &
menilai sikap kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab selama pembelajaran
tatap muka di sekolah dasar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data primer (jumlah sekolah di Kabupaten Rantau Selatan
adalah 23 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin = 98 subjek
siswa, informan kunci guru kelas 5 orang. Instrumen penelitian yaitu angket,
wawancara, analisis data melalui reduksi, analisis, penarikan kesimpulan. Dalam
hal penerapan karakter disiplin dalam kategori cukup dengan persentase (91%)
sebanyak 91 siswa. Cara pertama seorang guru memberi contoh adalah dengan
datang lebih awal. Hal ini memungkinkan siswa untuk menyadari bahwa guru hanya
dapat memberikan contoh yang baik yang dapat diteladani oleh siswanya. Selain
itu, perilaku siswa dalam menunjukkan kejujuran pada kategori ini cukup dengan
persentase (77 %), atau 77 siswa. Guru menginstruksikan atau mendidik siswa
untuk berbicara yang jujur kepada siapapun. Dan perilaku siswa dalam hal
tanggung jawab cukup dengan persentase (90%) atau sebanyak 90 siswa. Guru
mengajarkan kegiatan positif. jika seorang siswa melakukan kesalahan, guru meminta
siswa untuk meminta maaf, guru juga menjadi contoh bahwa baik yang tua maupun
yang mudah harus meminta maaf.
Kata Kunci: Karakter Disiplin; Jujur; dan
Tanggungjawab; Siswa SD
Sumber:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia
Volume 7 Nomor 1 Januari 2022. Halaman 36-43
Komentar
Posting Komentar