Analisis pengaruh Influencer terhadap pembentukan harga saham di Bursa Efek Indonesia
Analisis
pengaruh Influencer terhadap pembentukan harga saham di Bursa Efek Indonesia
I
Gede Ananda Wibawa Putra1, Luh Putu Mahyuni2
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti
empiris mengenai pengaruh Influencers saham terhadap pembentukan
harga saham di
Bursa Efek Indonesia
(BEI). Penelitian ini
dilaksanakan pada perusahaan go
public yang tercantum di BEI dan pada akun media sosial Instagram
Influencersaham. Data diolah dengan
menggunakan pendekatan event
studydan memperhitungkan abnormal
return. Selain itu dilakukan uji
kolmogorov-smirnov serta uji
paired t-test. Penelitian
ini menemukan bahwa sentimen beli
dan sentimen tahan
yang diberikan oleh Influencersaham tidak
dapat memberikan pengaruh
signifikan terhadap pembentukan harga saham pada BEI. Hal ini kemungkinan
terjadi karena investor memiliki kepercayaan diri dan literasi keuangan yang
baik, sehingga tidak terlalu terpengaruh oleh Influencersaham. Tetapi
dalam kapitalisasi pasar
terdapat pengaruh dari Influencerterhadap kapitalisasi pasar
besar. Hal ini mungkin dapat terjadi dikarenakan penelitian ini tidak berfokus
pada jenis investor yang investasi di suatu kapitalisasi pasar.Kajian
penelitian ini diimplementasikan untuk dapat
memberikan kontribusi informasi
dan pertimbangan pengambilan
keputusan terkait dengan seorang Influenceraktif di dunia pasar
modal dalam memberikan suatu sentimen atau rekomendasi.
Kata kunci: Influencer; sentimen influencer; harga
saham; event study; abnormal return
Sumber:
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Volume. 25 Issue 1 (2023) Pages 71-80
Komentar
Posting Komentar