Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Terhadap Motivasi Untuk Menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat
Berwirausaha Terhadap Motivasi Untuk Menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Rossa
Ayuni1, Fitri Laras Sati2
Universitas
Muhammadiyah Bengkulu
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengetahuan kewirausahaan dan minat berwirausaha terhadap motivasi untuk
menjadi young entrepreneur pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode
Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Purposive Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 38 Orang yaitu Semester
VII yang sudah mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan. Alat analisis menggunakan
bantuan SPSS versi 20, yang meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi
Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa Pengetahuan Kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Motivasi menjadi Young Entrepreneur, hal tersebut dibuktikan dengan T hitung
sebesar 1,618 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,115 sedangkan Minat Berwirausaha
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi menjadi Young Entrepreneur,
hal tersebut dibuktikan dengan Thitung sebesar 5,116 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,000. Koefisien Determinasi R 2 sebesar 0,621, yang berarti bahwa
62,1% motivasi mejadi young entrepreneur dipengaruhi oleh pengetahuan
kewirausahaan dan minat berwirausaha.
Kata kunci: Pengetahuan, Minat, Motivasi
Sumber:
Jurnal Economic Edu
Vol 2 No 2 Januari 2022
Komentar
Posting Komentar