ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH
ANALISIS
KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI
SEKOLAH
Shalahudin
Ismail1, SuhanaSuhana2, Qiqi Yuliati Zakiah3
1)UIN
Bandung, Program Doktoral Pendidikan Islam, Indonesia
2)UIN
Bandung, Program Doktoral Pendidikan Islam, Indonesia
3)UIN
Bandung, Program Doktoral Pendidikan Islam, Indonesia
Abstrak:
Penelitian
ini bertujuan mengkaji
kebijakan penguatan pendidikan
karakter untuk mewujudkan Pelajar
Pancasila. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini
adalah pendekatan
kepustakaan, metode pengumpulan
datanyaberupadokumen-dokumen
dalam bentuk buku,literatur maupun
jurnal-jurnal ilmiah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan
karakter dalam mewujudkan
Pelajar Pancasila pada
dasarnya adalah mendorong
lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar
kritis, kreatif, mandiri, beriman,
bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, bergotong royong,
dan berkebinekaan global
dengan harapan agar peserta
didik memiliki kemampuan secara
mandiri dalam meningkatkan,
menggunakan pengetahuannya, mengkaji, dan
meninternalisasi serta memersonalisasi nilai-nilai
karakter dan akhlak
mulia yang dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari.
Kata Kunci: Analsis Kebijakan, Pendidikan Karakter,
Pelajar Pancasila
Sumber:
JMPIS
Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial
Volume 2, Issue1, Januari 2021
Komentar
Posting Komentar