STUDI ANALISIS MODEL IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-INAYAH SARIJADI KECAMATAN SUKASARI KOTA BANDUNG
STUDI
ANALISIS MODEL IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-INAYAH
SARIJADI KECAMATAN SUKASARI KOTA BANDUNG
Mohammad
Rindu Fajar Islamy
Universitas
Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Abstrak:
Dunia
pendidikan dewasa ini
menghadapi beragam problematika
baru yang semakin ber-kembang.
Hal tersebut tentu menjadi tantangan
bagi para pakar
pendidikan danpegiat pendidikan
untuk menemukan pola pendidikan karakter yang unggul. Penelitianini bertujuan
untuk menganalisisimplementasi pendidikan karakter sebagai suatu upaya
pencegahan terhadap disrupsi moralitas para pelajardi pondok
pesantren. Penanaman nilai-nilai
spiritualitas yang selaras
dengan ajaran agama Islam sangat fundamental dalam
membangun akhlak dan peradaban suatu bangsa. Penelitian inimeng-gunakan
pendekatankualitatifdengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pondok
Pesantren Al-InayahSarijadi, Sukasari, Kota
Bandung, Jawa Barat.
Pengumpulandata menggunakanteknik wawancara dan observasi. Analisis data
menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian dan analisisdata
menunjukkan bahwa keberhasilan
kegiatan pendidikandalam membangun karakter (akhlak)harus terintegrasi
dari beberapa komponen esensial yaitu kurikulum, metode pembelajaran,
danpenguatan program aktivitas pembelajaran dalam penguatan karakter
Islami.Pondok Pesantren Al-Inayah mencoba menyajikan satu model pembelajaran
yang menyenangkan berlandaskan Al-Quran dan as-Sunah. Pondok pesantren ini
menawarkan satu konsep pendidikan yang berimplikasi terhadap peningkatan
karakter siswa.
Kata Kunci: analisis, implementasi pendidikan
karakter, Pondok Pesantren Al-Inayah
Sumber:
Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun XII, Nomor1, April
2022
Komentar
Posting Komentar