Analisis Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19
Analisis
Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten
Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19
Nastiti
Winahyu, Fajar Amirudin, Imazunita Nur Azizah
Universitas
Islam Kadiri
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui saluran
pemasaran dan efisiensi pemasaran komoditas lebah madu klanceng (Trigona sp.)
di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Penentuan responden dipilih
menggunakan metode purposive sampling (32 peternak anggota kelompok tani
hutan), snowball sampling (2 pedagang pengecer) dan accidental sampling (3
konsumen). Analisis data mencakup analisis margin, producer’s share, dan rasio
efisiensi keuntungan terhadap biaya pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian,
terdapat 2 pola saluran pemasaran. Pola saluran I produk madu : peternak –
konsumen. Pola saluran II produk madu: produsen – pedagang pengecer – konsumen.
Hasil analisis menunjukkan pemasaran langsung lebih efisien. Saluran Pola I
memperoleh producer’s share dan rasio efisiensi keuntungan terhadap biaya yang
lebih tinggi sebesar 100 persen dan 26,63 dibanding Pola II sebesar 90 persen
dan 18.01.
Kata Kunci : efisiensi, klanceng, marjin, producer’s
share, saluran pemasaran
Sumber:
Jurnal Agribest Volume 5 Nomor 1 (2021) Hal: 25-33
Komentar
Posting Komentar