Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik
Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap
Pendidikan Karakter Peserta Didik
Harri
Jumarto Suriadi 1, Firman2, Riska Ahmad3
Universitas
Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia1,2,3
Abstrak
Pendidikan karakter merupakan perwujudan dalam
mencapai generasi yang cerdas dan mampu memiliki akhlak dan kepribadian yang
berguna bagi bangsa Indonesia. Suksesnya pendidikan dilihat dari seberapa besar
karakter mereka ketika bisa menyeimbangkan kognitif, afektif dan psikomotornya
untuk menjadi manusia yang sempurna. Pada tahun 2020 telah terjadi pandemi
Covid – 19 yang menyebabkan semuanya berubah pembelajaran yang dilaksanakan
disekolah berubah sesuai dengan aturan pemerintah dilaksanakan dirumah dengan
daring atau belajar dengan jarak jauh. Penelitian yang dilakukan sekarang ialah
deskriptif kualitatif dengan studi literatur yang berusaha memberikan gambaran
solusi permasalahan pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta
didik di sekolah menengah pertama. Naskah ini menampilkan problema pembelajaran
daring, dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik,
solusi dan pemecahan masalah. Penelitian ini memakai studi pustaka / studi
literatur, dengan mengkaji dari beberapa hasil penelitian, artikel, ebook dan
studi kasus yang terjadi dilapangan.
Kata Kunci: Belajar Daring, Pendidikan karakter,
Peserta didik.
Sumber:
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 1
Tahun 2021 Halm 165-173
Komentar
Posting Komentar