ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

 

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

Dea Damianti1, Ekasatya Aldila Afriansyah2*

1,2 Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Indonesia

Jl. Pahlawan No.32 Sukagalih Garut

 

ABSTRAK

Pendidikan  matematika  sangat  penting  bagi  kelangsungan  hidup,  maka  dari  itu  diharapkan  siswa memiliki kemampuan matematika dan sikap matematika yang baik, salah satunya, yaitu kemampuan pemecahan  masalah  dan self-efficacy.  Tujuan  dari  penelitian  ini  untuk mengetahui  bagaimana kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  dalam  menyelesaikan  soal  matematika  pada materi pola bilangan dan bagaimana tingkat self-efficacymatematis siswa kelas VIII yang berada di Desa Karamatwangi. Metode yang dipakai peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian  ini,  yaitu  kelas  VIII  B  SMP  IT  Nurul  Hidayah  yang  berada  di  Desa  Karamatwangi sebanyak 6 orang siswa berdasarkan kategori yang sudah ditentukan, yaitu 2 orang dalam kategori tinggi,  2  orang  dalam  kategori  sedang,  dan  2  orang  dalam  kategori  rendah.  Teknik  sampel  yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode penghimpunan data kemampuan pemecahan masalah  dengan  memberikan  soal  materi  pola  bilangan,  melakukan  wawancara  dan  dokumentasi hasil   Penilaian   Akhir   Semester,   sedangkan   metode   penghimpun   data self-efficacydengan membagikan angket, melakukan wawancara, dan melakukan observasi ke dalam catatan lapangan. Teknik  analisis  data  dilakukan  beberapa  tahap  yang  meliputi  reduksi  data,  penyajian  datadan penarikan  kesimpulan.  Dari  hasil  studi  memperlihatkan  bahwa  kemampuan  pemecahan  masalah matematis  siswa  SMP  kelas  VIII  pada  materi  Pola  Bilangan  di  Desa  Karamatwangi  berada  pada kategori tinggi dan tingkat self-efficacysiswa SMP kelas VIII  berada dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy, pola bilangan.

 

Sumber:

INSPIRAMATIKA| Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

Volume 8, Nomor 1, Juni 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan