PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

 

PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Dike Rosita1*, Astri Sutisnawati2, DinAzwar Uswatun3

1,2,3Universitas Muhammdiyah Sukabumi

 

Abstrak

Penanaman  nilai-nilai   karakter   menjadi  tuntutan  yang  harus  dipersiapkan  guru  dalam  proses pembelajaran. Namun, penguatan nilai karakter nampaknya belum menjadi bagian yang terintegrasi selama  pembelajaran  berlangsung. Tujuan  penelitian  ini  yaitu  menganalisis  muatan  nilai  karakter khusunya  pada  nilai  disiplin  dan  tanggung  jawab  dalam  pembelajaran  tematik.  Metode  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  kualitatif  deskriptif.  Sedangkan  subyek  yang  digunakan  yaitu guru kelas III dan siswa kelas IIISDN CihaurSagaranten.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner.Instrumen penelitian ini menggunakan lembarobservasi, lembar wawancara  dan  angket. Analisis  data  yang  digunakan  menggunakan  analisis  data  deskriptif  yaitu reduksi data, analisis data dan interpretasi data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pada aspek nilai  disiplin  dikategorikan  cukup  baikterutama  pada  indikator  mematuhi  peraturan  sekolah. Sedangkan  dalam  aspek  tanggung  jawab  dapat  dikategorikan  sangat  baik. Pendidikan karakter  nilai disiplin dan tanggung jawab sangat penting diterapkan selam proses pembelajaran karena hal tersebut berimbas pada perilaku siswa di dalam dan di luar kelas.

Kata Kunci:nilai karakter disiplin; nilai karakter tanggung jawab; pembelajaran tematik

 

Sumber:

Jurnal Cakrawala Pendas

Vol.8 No. 2, April 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan