PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
PENDIDIKAN
KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI
SEKOLAH DASAR
Dike
Rosita1*, Astri Sutisnawati2, DinAzwar Uswatun3
1,2,3Universitas
Muhammdiyah Sukabumi
Abstrak
Penanaman
nilai-nilai karakter menjadi
tuntutan yang harus
dipersiapkan guru dalam
proses pembelajaran. Namun, penguatan nilai karakter nampaknya belum
menjadi bagian yang terintegrasi selama
pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini
yaitu menganalisis muatan
nilai karakter khusunya pada
nilai disiplin dan
tanggung jawab dalam
pembelajaran tematik. Metode
yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu kualitatif
deskriptif. Sedangkan subyek
yang digunakan yaitu guru kelas III dan siswa kelas IIISDN
CihaurSagaranten.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
kuesioner.Instrumen penelitian ini menggunakan lembarobservasi, lembar
wawancara dan angket. Analisis data
yang digunakan menggunakan
analisis data deskriptif
yaitu reduksi data, analisis data dan interpretasi data. Hasil
penelitian menggambarkan bahwa pada aspek nilai
disiplin dikategorikan cukup
baikterutama pada indikator
mematuhi peraturan sekolah. Sedangkan dalam
aspek tanggung jawab
dapat dikategorikan sangat
baik. Pendidikan karakter nilai
disiplin dan tanggung jawab sangat penting diterapkan selam proses pembelajaran
karena hal tersebut berimbas pada perilaku siswa di dalam dan di luar kelas.
Kata Kunci:nilai karakter disiplin; nilai karakter
tanggung jawab; pembelajaran tematik
Sumber:
Jurnal Cakrawala Pendas
Vol.8 No. 2, April 2022
Komentar
Posting Komentar