MEMBEKALI ANAK USIA DINI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS CERITA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN
MEMBEKALI
ANAK USIA DINI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS CERITA FILM ANIMASI UPIN
DAN IPIN
Lukman
Arsyad1, Enni Akhmad2, Alvons Habibie3
1,2,3IAIN
Sultan Amai Gorontalo
Abstrak: Media Informal Pendidikan Karakter: Analisis
Cerita Film Animasi Upin dan Ipin.
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan nilai-nilai
karakter pada film animasi serial UPIN dan IPIN. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter
dalam sebuah film.Penelitian mengkaji lima judul cerita film animasi serial
Upin dan Ipin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memilih lima judul
cerita, merekam cerita-cerita tersebut, dan menontonnya selama 10 kali. Alur
cerita dalam bentuk film tersebut kemudian ditulis dalam bentuk naskah.
Analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi nilai-nilai karakter dari setiap
judul cerita dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan
nilai-nilai karakter pada film animasi serial Upin dan Ipin adalah suka
menolong, toleransi, kreatif, demokratis, berani, cerdas, saling menghargai,
taat beribadah, kasih sayang. Penelitian mengimplikasikan untuk menugaskan
kepada siswa untuk menonton film-film yang memiliki nilai-nilai karakter.
Kata Kunci: Media Informal, Pendidikan, Karakter, Film
Animasi, Upin dan Ipin
Sumber:
WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan
Karakter Vol. 5 No. 1
Komentar
Posting Komentar