MEMBEKALI ANAK USIA DINI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS CERITA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN

 

MEMBEKALI ANAK USIA DINI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS CERITA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN

Lukman Arsyad1, Enni Akhmad2, Alvons Habibie3

1,2,3IAIN Sultan Amai Gorontalo

 

Abstrak: Media Informal Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin dan Ipin.

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan nilai-nilai karakter pada film animasi serial UPIN dan IPIN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam sebuah film.Penelitian mengkaji lima judul cerita film animasi serial Upin dan Ipin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memilih lima judul cerita, merekam cerita-cerita tersebut, dan menontonnya selama 10 kali. Alur cerita dalam bentuk film tersebut kemudian ditulis dalam bentuk naskah. Analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi nilai-nilai karakter dari setiap judul cerita dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter pada film animasi serial Upin dan Ipin adalah suka menolong, toleransi, kreatif, demokratis, berani, cerdas, saling menghargai, taat beribadah, kasih sayang. Penelitian mengimplikasikan untuk menugaskan kepada siswa untuk menonton film-film yang memiliki nilai-nilai karakter.

Kata Kunci: Media Informal, Pendidikan, Karakter, Film Animasi, Upin dan Ipin

 

Sumber:

WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter Vol. 5 No. 1

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan