Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan “Scarlett Whitening”

 

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan “Scarlett Whitening”

Julinha Betty Guterres  Riu1, IBN Udayana2, Lusia Tria Hatmanti  Hutami3

1,2,3 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

 

ABSTRAK

Kesehatan  kulit  dan  wajah  merupakan  hal  yang  sangat  diperhatikan  oleh  semua wanita,  karena  kulit  dan  wajah  merupakan  bagian  tubuh  yang  sangat  terlihat  dari  segi penampilan  sehingga kulit dan wajah harus dijaga dan dirawat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas  layanan,  kualitas  produk,  dan inovasi  produk  terhadap  loyalitas  pelanggan  melalui  kepuasan  pelanggan.  Penelitian  ini bersifat kuantitatif dengan mengambil 125 sampel konsumen produk Scarlett Whitening dikota   Yogyakarta.   Pengambilan   sampel   dilakukan   dengan  menggunakan  metode  non-probabilitas dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan  melalui  pengiriman  link  kuesioner  yang  dikirimkan  secara  online  kepada responden. Data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelanggan (X_1) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan  (Z)  dengan  nilai < 0,001. Kemudian variabel kualitas produk (X_2) berpengaruh tidak  signifikan  terhadap  kepuasan  pelanggan  (Z)  dengan  nilai  0,103.  Variabel  inovasi produk  (X_3)  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap kepuasan pelanggan (Z) dengan nilai < 0,001. Variabel kepuasan pelanggan (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas  pelanggan (Y) dengan nilai < 0,001. Selanjutnya variabel kualitas pelayanan (X_1) berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  (Y)  dengan  nilai  sebesar 0,013. Variabel kualitas produk (X_2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai < 0,001. Variabel kualitas produk (X_3) berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  (Y)  dengan  nilai  0,002.  Selain  itu, hasil penelitian juga   menunjukkan   bahwa   kepuasan   pelanggan   mampu   berperan   sebagai   variabel intervening  untuk  pengaruh  kualitas  pelayanan,  kualitas  produk  dan  inovasi  produk terhadap loyalitas pelanggan produk Scarlett Whitening di kota Yogyakarta.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Inovasi Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

 

Sumber:

Journal of Islamic  Education Management

Volume 3 Nomor 2 (2023)   240-256

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan