Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan “Scarlett Whitening”
Pengaruh
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Loyalitas
Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan “Scarlett Whitening”
Julinha
Betty Guterres Riu1, IBN
Udayana2, Lusia Tria Hatmanti
Hutami3
1,2,3
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
ABSTRAK
Kesehatan
kulit dan wajah
merupakan hal yang
sangat diperhatikan oleh
semua wanita, karena kulit
dan wajah merupakan
bagian tubuh yang
sangat terlihat dari
segi penampilan sehingga kulit
dan wajah harus dijaga dan dirawat. Oleh karena itu, tujuan dari
penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh
kualitas layanan, kualitas
produk, dan inovasi produk
terhadap loyalitas pelanggan
melalui kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bersifat
kuantitatif dengan mengambil 125 sampel konsumen produk Scarlett Whitening
dikota Yogyakarta. Pengambilan
sampel dilakukan dengan
menggunakan metode non-probabilitas dan teknik pengambilan
sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui
pengiriman link kuesioner
yang dikirimkan secara
online kepada responden. Data
dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel kualitas pelanggan (X_1) berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan pelanggan (Z) dengan
nilai < 0,001. Kemudian variabel kualitas produk (X_2) berpengaruh
tidak signifikan terhadap
kepuasan pelanggan (Z)
dengan nilai 0,103.
Variabel inovasi produk (X_3)
berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (Z) dengan nilai < 0,001. Variabel kepuasan pelanggan (Z)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai < 0,001.
Selanjutnya variabel kualitas pelayanan (X_1) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan (Y)
dengan nilai sebesar 0,013. Variabel kualitas produk (X_2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan
nilai < 0,001. Variabel kualitas produk (X_3) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas
pelanggan (Y) dengan
nilai 0,002. Selain
itu, hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa kepuasan
pelanggan mampu berperan
sebagai variabel
intervening untuk pengaruh
kualitas pelayanan, kualitas
produk dan inovasi
produk terhadap loyalitas pelanggan produk Scarlett Whitening di kota
Yogyakarta.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Inovasi
Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan
Sumber:
Journal of Islamic
Education Management
Volume 3 Nomor 2 (2023) 240-256
Komentar
Posting Komentar