ANALISIS PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

 

ANALISIS PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

Devie Mahardikasari1, Radjikan2

1,2Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jln. Semolowaru No.45 Surabaya, Jawa Timur, 60118

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan kependudukan di Kantor Kecamatan Karangan serta kendala  yang  dihadapi  pada  pelayanan  kependudukan.  Pada  penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian kualitatif   dengan   pendekatan   deskriptif,   yang   berfokus   pada   pelayanan   kependudukan   di   Kantor Kecamatan  Karangan.  Lokasi  penelitian  dilakukan  di  Kantor  Kecamatan  Karangan  Kabupaten  Trenggalek Jawa Timur dengan pengumpulan data penelitian melalui observasi secara langsung kemudian melakukan wawancara  danmengambil  dokumentasi  sebagai  bukti.Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  dilakukan pelayanan  kependudukan  pada  Kantor  Kecamatan  Karangan  telah  memenuhi  standar  pelayanan  pada indikator  kesesuaian  persyaratan  informasi  mengenai  persyaratan  dan  jenis  pelayanan  telah  diberikan secara  luas  melalui  website,  persyaratan  yang  diberikan  telah  disesuaikan  dengan  kebutuhan-kebutuhan dalam menyelesaikan proses pelayanan. Pada indikator kemudahan prosedur kemudahan pelayanan telah diberikan pada sistem satu pintu yang dimana alur pelayanan pengurusan dokumen sudah sangat singkat dan  cepat.  Pada  indikator  kecepatan  waktu  rata-rata  waktu  yang  dibutuhkan  dalam  proses  pelayanan sekitar  5-10  menit  tergantung  jenis  pelayanan  dan  kelengkapan  persyaratan.  Pada  indikator  kewajaran biaya/tarif   dalam   segala   jenis   pelayanan   yang   ada   tidak   dipungut   biaya   apapun.   Pada   indikator kemampuan  petugas  perlu  adanya  peningkatan  pada  kompetensi  petugas  pelayan  terkait  teknologi informasi.   Pada   indikator   kualitas   sarana   prasarana   sudah   cukup   memadai   tetapi   perlu   adanya pembenahan  terutama  sarana  prasarana  yang  menunjang  proses  pelayanan  seperti  AC,  serta  komputer. Pada  indikator  penanganan  pengaduan  pengguna  pelayanan  masih  kurang  dalam  memberikan  informasi pengisian    kotak    saran    serta    tidak    adanya    standar    operasional    prosedur    yang    menangani    ini mengakibatkan kurangnya koordinir yang baik terkait pengaduan yang masuk.

Kata kunci: Pelayanan Kependudukan, Standar Pelayanan, Kualitas Pelayanan

 

Sumber:

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI)

Vol. 1 No. 4, Januari 2023

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan