Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pebisnis Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi

 

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pebisnis Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi

Shobah Sibtiyah1*, Muhammad Jamil Latief2

1*,2Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

 

Abstrak.

Persaingan  bisnis  online  (E-Commerce)  dalam  ekosistem  bisnis  telah  massif  sebab  potensi  pasarnya yang menjanjikan. Instagram merupakan jenis media sosial yang hadir di masyarakat tampaknya dimanfaatkan secara  optimal  sebagai  alat  pemasaran.  Tetapi  perdebatan  mengenai  faktor  apa  yang  menstimulus  pembisnis menggunakannya sebagai media promosi masih diperdebatkan.  Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor -faktor  apa  yang  mempengaruhi  pembisnis  dalam  menggunakan  Instagram  sebagai  sarana  promosi. Populasi penelitian berasal dari pembisnis yang dikonfirmasi memiliki akun Instagram bisnis di wilayah Jakarta Timur,  teknik  sampling  non-probability  digunakan  dan  diperoleh  sampel  observasi  n  =  33.  Analisis  regresi linear  berganda  digunakan  sebagai  pisau  analisis  dengan  variabel  bebas  Murah  Biaya  (X1),  Keandalan  Fitur (X2),  dan  Target  Konsumen  (X3),  serta  variabel  terikat  keputusan  pembisnis  (Y).    Hasil  penelitian  H1  dan H2  diterima  (X1  dan  X2  berpengaruh  terhadap  Y),  H3  ditolak  (X3  tidak  berpengaruh  terhadap  Y),  H4 diterima (X1, X2, dan X3 secara simultan berpengaruh terhadap Y), serta nilai R2 sebesar 60.2%. Implikasi penelitian  mengisyaratkan  pembisnis  yang  menggunakan  Instagram  untuk  memperhatikan  faktor –faktor  ini agar mengoptimalkan promosi.

Kata kunci: Murah Biaya; Keandalan Fitur; Target Konsumen; Keputusan Pembisnis; Instagram.

 

Sumber:

Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi,

7(1), 2023,103-112

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan