ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI SEKOLAH INKLUSIF

 

ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI SEKOLAH INKLUSIF

Oleh

Roan Ardhika1), Muhammad Syaifudin2)

1,2,3Jurusan Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pekanbaru Riau

1,2,3UniversitasIslam Negeri Sultan Syarif Kasim, Jl. HR. Soebrantas Panam No.Km. 15, RW.No. 155, Tuah Karya, Kec. Tampan, Kabupaten Kampar, Riau 28293, (0761) 562223,

 

Abstrak

Tujuan  penulisan  artikel  ini  adalah  untuk  menganalisa  kebijakan  pemerintah  mengenai  sekolah inklusif,  penulisan  artikel  ini  menggunakan  metode  penelitian  kepustakaan (Library  Research). Dengan metode pengumpulan data dengan memahami dan menggali teori-teori dari berbagai literatur terkait  penelitian,  yang  kegiatan  penelitian  ini  tentunya  sesuai  dengan  kegiatan  kepustakaan  yang telah ditentukan di dalm metode penelitian. Hasil analisa  dalam penulisan artikel ini menunjukkan bahwa,  Pendidikan  inklusif  adalah  pendidikan  yang  diberikan  kepada  peserta  didik  yang  memiliki kelainan, memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Tujuan pendidikan inklusif antara lain adalah Untuk meminimalkan batasan kondisi pertumbuhan dan perkembangan anak dan untuk memaksimalkan kesempatan anak terlibat dalam aktivitas yang normal serta, Jika memungkinkan untuk mencengah terjadinya kondisi yang lebih parah dalam ketidakteraturan perkembangan sehingga menjadi anak yang tidak berkemampuan dan untuk mencengah berkembangnya keterbatasan kemampuan lainnya sebagai hasil yang diakibatkan oleh ketidakmampuan utamanya.

Kata Kunci: Sekolah Inklusif

 

Sumber:

JIP (Jurnal Inovasi Penelitian)

Vol.3 No.8 Januari 2023

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan