ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS (ROA) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR di BEI PERIODE 2016 –2020
ANALISIS
PENGARUH PROFITABILITAS (ROA) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI
PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR di BEI PERIODE 2016 –2020
Citra
Kristin1, Fadrul2*
1&2Institut
Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh variabel
Profitabilitas (ROA) dan Corporate
Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI
periode 2016-2020. Populasi dalam
penelitian ini adalah
seluruh perusahaan perbankan yang
terdaftar di Bursa
Efek Indonesia periode 2016-2020.
Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 28 perusahaan yang
diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Data sekunder diperoleh
dari BEI. Variabel independen yang digunakan
dalam penelitian ini
adalah Profitabilitas (ROA)
dan Corporate Social Responsibility. Variabel dependent yang
digunakan yaitu Nilai Perusahaan.Teknikanalisis data
yang digunakan ialah uji
regresilinear bergandadengan menggunakan Program
SPSS V22. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif
terhadap variabel Nilai Perusahaan dan
variabel Corporate Social
Responsibility tidak berpengaruh positif terhadap variabel Nilai Perusahaan.
Kata Kunci: Perbankan; Profitabilitas; ROA (Return on
Asset); Corporate Social Responsibility; Nilai Perusahaan
Sumber:
LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan
Vol. 2 No. 4, Desember 2022 (453-463)
Komentar
Posting Komentar