ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS (ROA) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR di BEI PERIODE 2016 –2020

ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS (ROA) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR di BEI PERIODE 2016 –2020

Citra Kristin1, Fadrul2*

1&2Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

 

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  pengaruh  variabel  Profitabilitas  (ROA)  dan Corporate  Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada  perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode  2016-2020. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh perusahaan  perbankan  yang  terdaftar  di  Bursa  Efek  Indonesia periode 2016-2020. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 28 perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari BEI. Variabel independen yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  Profitabilitas  (ROA)  dan Corporate  Social  Responsibility. Variabel dependent  yang  digunakan yaitu  Nilai  Perusahaan.Teknikanalisis  data  yang  digunakan ialah  uji  regresilinear bergandadengan menggunakan   Program   SPSS   V22.   Hasil   penelitian ini   menunjukkan   bahwa   variabel Profitabilitas  (ROA) berpengaruh  positif  terhadap  variabel  Nilai Perusahaan  dan  variabel Corporate  Social Responsibility tidak berpengaruh positif terhadap variabel Nilai Perusahaan.

Kata Kunci: Perbankan; Profitabilitas; ROA  (Return on  Asset); Corporate  Social  Responsibility; Nilai Perusahaan

 

Sumber:

LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan

Vol. 2 No. 4, Desember 2022 (453-463) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan