ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI SEKOLAH PENGGERAK

 

ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI SEKOLAH PENGGERAK

Oleh

Bella Khofifah1), Muhammad Syaifudin2)

1,2,3Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Suska Riau

Jl. HR. Soebrantas Panam No.Km. 15, RW.No. 155, Tuah Karya, Kec. Tampan, Kabupaten Kampar, Riau 28293

 

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisi  kebijakan  pemerintah  mengenai  sekolah  penggerak. Penulisan artikel menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan metode pengumpulan  data  dengan  memahami  dan  menggali  teori-teori  dari  berbagai  literatur  terkait penelitian,  yang  kegiatan  penelitian  ini  tentunya  sesuai  dengan  kegiatan  kepustakaan  yang  telah ditentukan   di   dalam   metode   penelitian   mengenai   kebijakan   pemerintahan terhadap   sekolah penggerak. Kemendikbud mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 Tentang Program Sekolah Penggerak, yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang berkualitas. Melalui berbagai kebijakan, pemerintah telah berhasil memperluas akses pendidikan dasar dan menengah secara signifikan. Program Sekolah Penggerak berangkat dari asumsi bahwa transformasi satuan pendidikan dimulai dengan peningkatan kualitas  SDM. Sehingga  dapat  disimpulkan  bahwafokus  utama  program  ini  adalah  memberikan pendampingan dan pelatihan kepada kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah guna menciptakan penyelenggaraan pendidikan lebih berkualitas.

Kata Kunci: Sekolah Penggerak

 

Sumber:

JIP (Jurnal Inovasi Penelitian)

Vol.3 No.8 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan