ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI SEKOLAH PENGGERAK
ANALISIS
KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI SEKOLAH PENGGERAK
Oleh
Bella
Khofifah1), Muhammad Syaifudin2)
1,2,3Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Suska Riau
Jl.
HR. Soebrantas Panam No.Km. 15, RW.No. 155, Tuah Karya, Kec. Tampan, Kabupaten
Kampar, Riau 28293
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk
menganalisi kebijakan pemerintah
mengenai sekolah penggerak. Penulisan artikel menggunakan
metode penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan metode pengumpulan data
dengan memahami dan
menggali teori-teori dari
berbagai literatur terkait penelitian, yang
kegiatan penelitian ini
tentunya sesuai dengan
kegiatan kepustakaan yang
telah ditentukan di dalam
metode penelitian mengenai
kebijakan pemerintahan terhadap sekolah penggerak. Kemendikbud mengeluarkan
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
1177/M/2020 Tentang Program Sekolah Penggerak, yang menyatakan bahwa setiap
warga negara berhak mendapat pendidikan yang berkualitas. Melalui berbagai
kebijakan, pemerintah telah berhasil memperluas akses pendidikan dasar dan menengah
secara signifikan. Program Sekolah Penggerak berangkat dari asumsi bahwa
transformasi satuan pendidikan dimulai dengan peningkatan kualitas SDM. Sehingga
dapat disimpulkan bahwafokus
utama program ini
adalah memberikan pendampingan
dan pelatihan kepada kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah guna
menciptakan penyelenggaraan pendidikan lebih berkualitas.
Kata Kunci: Sekolah Penggerak
Sumber:
JIP (Jurnal Inovasi Penelitian)
Vol.3 No.8 Januari 2023
Komentar
Posting Komentar