Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk
Pengaruh
Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika
Luwuk
Frisel
Exel Desber Akakip1, Heny Ariwijaya2*, Ichsan Milang2*
(Mahasiswa
Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Tompotika Luwuk Banggai)
(Dosen
Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Tompotika Luwuk Banggai)
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
bagaimanakah pengaruh dari kualitas pelayanan terhadapkepuasan konsumen di
Hotel Santika Luwuk. (2) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari promosi
terhadap kepuasankonsumen di Hotel Santika Luwuk. (3) Untuk mengetahui bagaimanakah
pengaruh dari kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen di
Hotel Santika Luwuk. Dalam penelitian ini digunakan data kuantitatif sebagai
penunjang data kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer melalui
penyebaran kuisioner. Data yang diperoleh kemudian diuji analisis regresi
linier berganda, dilanjutkan pada tahap uji hipotesis yang dilakukan
menggunakkan uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi melalui teknik
Accidental Sampling dengan menggunakan 100 sampel. Pada hasil uji parsial kualitas
pelayanan dan promosi masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen pada hotel Santika Luwuk. Secara simultan diketahui kualitas
pelayanan dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan konsumen pada hotel Santika Luwuk.
Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan
Konsumen
Sumber:
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Volume 09 (1) January 2023
Komentar
Posting Komentar