Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Pondok Pesantren Ashabul Yamin

 

Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Pondok Pesantren Ashabul Yamin

Bulan Sari

Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Melyann Melani

Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

 

Abstrak.

Penelitian  ini  dilaksanakan  karena  beberapa  masalah  yang  ditemukan dilapangan; permasalahan dalam kemampuan berbicara siswa pada bahasa inggris. Siswa seperti merasa takut dalam berbicara menggunakan bahasa inggris didepan kelas, siswa juga tidak bisa mengekspresikan ide mereka dalam bahasa inggris dan siswa juga tidak aktif ketika belajar speaking. Peneliti menggunakan metode kualitative sebagai metode penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan interview kepada siswa dan guru dan untuk menguatkan data peneliti melakukan observasi dilapangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas XI di Pondok Pesantren Ashabul Yamin. Selanjutnya, dalam menganalisa data, peneliti menggunakan tiga metode yaitu : reduksi data, penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa factor yang menghambat kemampuan berbicara siswa adalah factor kognitif (konseptualisasi, formulasi, dan artikulasi), factor affektif (kurang percaya diri, merasa takut, dan kurang motivas) dan factor yang terakhir yaitu factor linguistic (kosa kata).

Kata kunci: Analisa, Faktor yang menghambat, Siswa, Kemampuan berbicara.

 

Sumber:

PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan

Vol.3, No.1 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan