Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Pondok Pesantren Ashabul Yamin
Analisis
Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Pondok Pesantren
Ashabul Yamin
Bulan
Sari
Universitas
Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Melyann
Melani
Universitas
Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Abstrak.
Penelitian
ini dilaksanakan karena
beberapa masalah yang
ditemukan dilapangan; permasalahan dalam kemampuan berbicara siswa pada
bahasa inggris. Siswa seperti merasa takut dalam berbicara menggunakan bahasa
inggris didepan kelas, siswa juga tidak bisa mengekspresikan ide mereka dalam
bahasa inggris dan siswa juga tidak aktif ketika belajar speaking. Peneliti
menggunakan metode kualitative sebagai metode penelitian. Untuk mengumpulkan
data, peneliti menggunakan interview kepada siswa dan guru dan untuk menguatkan
data peneliti melakukan observasi dilapangan. Subjek pada penelitian ini adalah
seluruh siswa pada kelas XI di Pondok Pesantren Ashabul Yamin. Selanjutnya,
dalam menganalisa data, peneliti menggunakan tiga metode yaitu : reduksi data,
penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Penemuan dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa factor yang menghambat kemampuan berbicara siswa adalah
factor kognitif (konseptualisasi, formulasi, dan artikulasi), factor affektif
(kurang percaya diri, merasa takut, dan kurang motivas) dan factor yang
terakhir yaitu factor linguistic (kosa kata).
Kata kunci: Analisa, Faktor yang menghambat, Siswa,
Kemampuan berbicara.
Sumber:
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol.3, No.1 Januari 2023
Komentar
Posting Komentar