Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs Belanja Online Lazada
Analisis
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs
Belanja Online Lazada
Ruwaida1,.Nabilah
Aqilah2
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Jl.
Diponegoro No.74 Jakarta Pusat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusanpembelian produk fashion pada situs belanja online
Lazada. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kelurahan Jati, Jakarta
Timur yang pernah melakukan pembelian di situs belanja online Lazada dengan
minimal satu kali transaksi pada kategori fashion. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 106 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan
pendekatan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yang
merupakan pengambilan sampel yang dapat memberikan informasi yang diinginkan,
baik karena mereka sesuai dengan beberapa kriteria yang ditetapkan oleh peneliti.
Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan SPSS ver.025. Hasil analisa diperoleh
bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk
fashion di situs belanja online Lazada. Online Customer Review berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di situs belanja
online Lazada. E-Trust berpengaruh positif dan signifikan teradap keputusan
pembelian produk fashion di situs belanja online Lazada. Iklan, Online Customer
Review, dan E-Trust secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian produk fashion di situs belanja online Lazada.
Adapun kontribusi ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah
sebesar 64,8%. Sedangkan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti pada penelitian ini seperti variabel kualitas pelayanan dan
promosi.
Kata Kunci:
Iklan, Online Customer Review, E-Trust, Keputusan Pembelian
Sumber:
JURNAL IKRAITH-EKONOMIKA Vol 6 No 1 Mar 2023
Komentar
Posting Komentar