Analisis Pengaruh Fraud HexagonTerhadap Fraudulent Financial Reporting Pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Selama Tahun 2017-2020
Analisis Pengaruh Fraud HexagonTerhadap Fraudulent Financial
Reporting Pada Perusahaan
Sektor Keuangan yang
Terdaftar di Bursa
Efek Indonesia Selama
Tahun 2017-2020
Jihan
Octani1, Anda Dwiharyadi2, Dedy Djefris3
1Jurusan
Akuntansi, Politeknik Negeri Padang
2JurusanAkuntansi,
Politeknik Negeri Padang
3JurusanAkuntansi,
Politeknik Negeri Padang
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk
menguji pengaruh fraud hexagon
(stimulus, opportunity,
rationalization, capability, ego, dan collusion) terhadap
fraudulentfinancial reporting. Elemen stimulus diproksikan dengan financial
target, financial stability, external pressure, dan personal financial need.
Elemen opportunity diproksikan dengan ineffective monitoring, nature of industry,
dan external auditor quality. Elemen rationalization diproksikan dengan change
in auditor. Elemen capability
diproksikan dengan change in
director. Elemen ego diproksikan
dengan frequent number of CEO’s picture, danelemen collusiondiproksikan dengan cooperation with government project. Populasi dalam penelitian ini
adalah perusahaan sektor
keuangan yang terdaftar di
BEI selama tahun
2017-2020 dengan jumlah
sampel adalah 156
data. Pengambilan sampel dilakukan
dengan metode purposive sampling.Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi
logistik. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa financial stability berpengaruh positif terhadap
fraudulent financial reporting, personal financial need dan frequent number of
CEO’s picture berpengaruh negatif terhadap fraudulent financialreporting,
sedangkan financial target, external
pressure, ineffective monitoring,
nature of industry,
external auditor quality, change
in auditor, change
in director, dan cooperation with
government projecttidak
berpengaruh terhadap fraudulent financial reporting.
Kata kunci:
Fraud, fraud hexagon, fraudulent financial reporting
Sumber:
Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi Indonesia
JABEI Volume 1, No. 1, Tahun 2022, hal.:
36 - 4
Komentar
Posting Komentar