Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kinerja ASNdi Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Depok

 

Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kinerja ASNdi Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Depok

Oleh:

Dewi Pratiwi; Siti Latifah; Amelia Tiffani Ramadhanti; Dodi Rustadi; Muhammad Sapruwan

Universitas Pelita Bangsa; Universitas Pelita Bangsa; Universitas Pelita Bangsa; Universitas Pelita Bangsa; Universitas Pelita Bangsa

 

ABSTRAK

Tata pemerintahan yang baik merupakan upaya perbaikan menyeluruh dan bertahap yang merupakan  hakekat  dari  reformasi dan  otonomi  daerah.  Salah  satu  bentuk  keberhasilan  dari  tata  pemerintahan yang  baik  adalah  kualitas  pelayanan  masyarakat.  Hal  ini  sejalan  dengan  Undang-Undang  Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik bahwa membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan  seiring  dengan  harapan  dan  tuntutan  seluruh  warga  negara  dan  penduduk  tentang peningkatan   pelayanan   publik.   Untuk   itu,   diperlukan   pengaturan   hukum   yang   mendukungnya. Berdasarkan hasil penelitian dari kuesioner yang disebarkan kepada para responden diperoleh bahwa pelayanan  kinerja  ASN  di  lingkungan  Dinas  Pendidikan  Kota  Depok  kepada  masyarakat  termasuk kategori Sangat Baik dengan nilai IKM setelah dikonversi adalah 93,5. Berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman  Republik  Indonesia  nomor  337  tahun  2022  tentang  hasil  penilaian  kepatuhan  terhadap standar pelayanan publik tahun 2022 Kota Depok peringkat kedua dengan nilai kepatuhan 94,74, zonasi hijau kategori A dan opini kualitas tinggi. Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut Dinas  Pendidikan kota Depok memperoleh  nilai 95,69 dengan zona hijau kategori A dengan opini kualitas tinggi.

Kata kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan Minimal, Indeks Kepuasan Masyarakat.

 

Sumber:

Jurnal EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan