Analisis Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya
Analisis
Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat
Kota Surabaya
Ingla
Pamella Aulia May
S1
Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Eva
Hany Fanida,S.AP.,M.AP.S1
Ilmu
Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Munculnya aplikasi baru ini seakan menggeser peran pusat
media yang telah lama sebagai wadah
dalam menampung dan
mengatasi keluhan warga
Surabaya melalui berbagai macam fasilitasnya. Kemudian aplikasi
ini juga membingungkan masyarakat dikarenakan adanya dualisme
media yang hampir
memiliki fungsi dan
peran yang sama.
Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan metode penelitian
kualitatif dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu menyimpulkan secara
umum bahwa aplikasi Wargaku Surabaya yang
dibuat oleh Pemerintah
Kota Surabaya bekerja
sangat efektif dalam
mendukung pelayanan publik di
kota Surabaya serta
memberikan masukan dan
saran untuk lebih meningkatkan dan memaksimalkan kinerja dari
aplikasi ini. Faktor kualitas sistem, dalam menanggapi keluhan maupun
saran dari pengguna respon yang diberikan cukup cepat dalam membantu
masyarakat. Pengguna, sudah banyak
masyarakat Surabaya yang menggunakan
aplikasi ini. Kepuasan
pengguna, dilihat dari banyaknya pengguna yang memberikan ulasan
bagus terhadap aplikasi ini dan Keuntungan
profit yang didapatkan
oleh masyarakat dapat
memudahkan masyarakat dalam melakukan
aduan.
Kata kunci: Efektivitas, Wargaku Surabaya, Information
System Success Model.
Sumber:
Publika, Volume 11 Nomor 1, Tahun 2022, 1553-1568
Komentar
Posting Komentar