PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP MENURUNNYA MINAT BELI MASYARAKAT PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN KENDAL

 

PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP MENURUNNYA MINAT BELI MASYARAKAT PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN KENDAL

1M Ario Koeswahyono 2Amron Amron

Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia

 

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk menguji  pengaruh  kenaikan harga  bahan  bakar minyak  dan  gaya  hidup hematterhadap menurunnya  minat  beli  masyarakat  pada  PedagangKaki  Lima  yang  berada  di  area  KabupatenKendal.  Jumlah responden  dalam  penelitian ini  sebanyak  66 responden  yang merupakan  para  pedagang  kakilima.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  analisis  regresi  linier  berganda  dengan  mengunakan  SPSS  sebagaialat  analisis.  Pengambilan  sempel  dilakukan dengan teknik purposive  sampling.  Berdasarkan hasil pengujiandata yang dilakukan, menunjukan bahwa: 1) Kenaikan Harga bahan bakar minyak secara parsial berpengaruhsignifikanterhadapmenurunnya minatbeli masyarakatpadapedagangkakilimadi daerah Kabupaten Kendal. 2) Gaya Hidup Hemat secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap menurunnya minat beli masyarakat  pada  pedagang  kaki lima  di  daerah  Kabupaten Kendal.  3) kenaikan  BBM  dan  gaya  hidup hematsecara  simultan  (bersama-sama)  berpengaruh  signifikan  terhadap  menurunnya  minat  beli  masyarakat  padapedagang kaki lima di daerah Kabupaten Kendal.

Kata kunci: Kenaikan harga BBM, hidup hemat, minat beli

 

Sumber:

JUMPER

Jurnal Manajemen dan Pemasaran

Vol.1,No.2,Tahun 2023

Halaman78-88

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan