Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar
Analisis
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS.
Bahagia Makassar
Roy
Rocky Suprapto Baan
Universitas
Teknologi Sulawesi Selatan
Abstrak
Tujuan dari peneliti adalah untuk menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RS
Bahagia. Dimensi kualitas pelayanan yaitu: Tangible, reliability,
responsiveness, assurance dan emphaty dalam meningkatkan kepuasan pasien.
Penelitian ini menggunakan metode analisis menunjukkan yaitu metode analisis
dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)
Dimensi kualitas pelayanan (tangible, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh
terhadap peningkatan pasien pada RS. RS. Bahagia Makassar. Hal ini dapat
dilihat dari hasil analisis koefisien regresi dan kolerasi, 2) Berdasarkan
hasil analisis mengenai faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi
kepuasan pasien maka dimensi kualitas pelayanan assurance yang dominan
berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien karena memberikan jaminan yang
memuaskan dari bidan RS. Bahagia Makassar.
Kata kunci:
Pelayanan, Kepuasan Pasien, Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance, Emphaty
Sumber:
EKOMBIS Sains
Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis
Volume 5, Nomor 01, Juni 2020
Komentar
Posting Komentar