Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar

 

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar

Roy Rocky Suprapto Baan

Universitas Teknologi Sulawesi Selatan

 

Abstrak

 

Tujuan dari peneliti adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RS Bahagia. Dimensi kualitas pelayanan yaitu: Tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dalam meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode analisis menunjukkan yaitu metode analisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dimensi kualitas pelayanan (tangible, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh terhadap peningkatan pasien pada RS. RS. Bahagia Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis koefisien regresi dan kolerasi, 2) Berdasarkan hasil analisis mengenai faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien maka dimensi kualitas pelayanan assurance yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien karena memberikan jaminan yang memuaskan dari bidan RS. Bahagia Makassar.

Kata kunci:

Pelayanan, Kepuasan Pasien, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty

 

Sumber:

EKOMBIS Sains

Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Volume 5, Nomor 01, Juni 2020

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan