ANALISIS KESULITAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BERDASARKAN HUKUM NEWTON DI SMP NEGERI 20 KUPANG
ANALISIS
KESULITAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK
BERDASARKAN HUKUM NEWTON DI SMP NEGERI 20 KUPANG
Herman
Yoseph Boro Nimunuho1, Alfons Bunga Naen *2, Maria Ursula
Jawa Mukin3
Program
Studi Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandira
Abstrak
Kesulitan
hasil belajar ranah
kognitif adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengingat,
memahami, menerapkan, menganalisis,
menciptakan serta mengevaluasi materi
yang telah
dijelaskan.Dimensi pengetahuan yang
dimaksud disini adalah
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kesulitansiswadalam mengerjakan soal-soal: faktual,konseptual, prosedural, dan
metakognitf. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 20
Kupang. Jenis penelitian
ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sampel
dalam penelitian adalah siswa
kelas VIII E
yang berjumlah 30
siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik
tes berupa soal essai
yang berjumlah 10
butir soal. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pada
pengetahuan faktualsiswa memiliki nilai rata-rata 66 dengan kategori cukup mengalami kesulitan,
pengetahuan konseptual memiliki
nilai rata-rata 81
dengan kategori tidak mengalami
kesulitan,pengetahuan prosedural
memiliki nilai rata-rata
26 dengan kategori
sangat mengalami kesulitan, dan
pengetahuan metakognitif memiliki nilai rata-rata47 dengan kategori banyak
mengalami kesulitan.
Kata Kunci:
kesulitan hasil belajar,
pengetahuan faktual, pengetahuan
konseptual, pengetahuan prosedural, pengetahuan metakognitif.
Sumber:
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA
Vol. 1 (1) Januari 2023
Komentar
Posting Komentar