Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar
Analisis
Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar
Siti
Khotijah, Dewi Widiana Rahayu, Nafiah, Sri Hartatik
Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan
pembelajaran daring di kelas 4 SD. Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini
termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dimana penelitian ini
memerlukan data berupa informasi secara deskriptif dengan teori yang dibangun
berdasarkan data yang diperoleh. Jenis penelitian ini dimasukkan dalam kategori
kualitatif dari aspek data dan analisisnya. Sumber data dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sasaran dalan penelitian ini yaitu guru
kelas 4A dan 4B serta guru selain guru kelas yang mengajar dikelas 4 SD Kyai
Hasyim Surabaya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah peneliti ingin
memberikan gambaran terkait persepsi guru dalam pembelajaran daring sehingga dari
persepsi tersebut menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Metode yang digunakan
seperti penelitian pada umumnya yaitu menggunakan 3 tahapan diantaranya
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan persepsi
guru SD. Kyai Hasyim Surabaya menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang telah
dilaksanakan berjalan baik tetapi tidak efektif apabila dilaksanakan terus
menerus dikarenakan kendala yang terus menerus berulang.
Kata Kunci:
Persepsi, Pembelajaran Daring, Siswa Kelas 4.
Sumber:
Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021
Halm 2834 – 2846
Komentar
Posting Komentar