ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN BATIK PEKALONGAN

 

ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT BELI  ULANG KONSUMEN BATIK PEKALONGAN

(STUDI PADA PASAR GROSIR SETONO BATIK PEKALONGAN)

Siti Ainul Hidayah,R.A.E.P Apriliani

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an

 

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  brand  image,  harga,  kualitas  produk  dan  daya  tarik promosi  berpengaruh  pada  minat  beli  ulang  konsumen  batik  Pekalongan.  Teknik  pengambilan  sampel yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  teknik  purposive  sampling  yaitu  teknik  ini  dipilih  karena peneliti  menggunakan  pertimbangan  sendiri  dalam  memilih  anggota  populasi  yang  dianggap  dapat memberikan  informasi  sedangkan  jumlah sampel  sebanyak  97  responden.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan kuesioner. Hasil  penelitian  ini  dikumpulkan  melalui  kuisoner  yang  diproses  dan  dianalisis  dengan  menggunakan analisis  regresi  linier  berganda  metode  yang  digunakan  dalam  penentuan  sempel  dalam  penelitian  ini adalah  purposive  sampling.  Uji  kualitas  data  yang  digunakandalam  penelitian  ini  adalah  uji  validitas Person Correlation, uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan uji goodness of fit (uji f). Untuk uji asumsi  klasiknya  menggunakan  uji  normalitas,  uji  multikolonieritas  dan  uji  heteroskedasitas.  Untuk  uji hipotesis   dalam   penelitian   ini,   peneliti   menggunakan   regresi   linier   berganda,   uji   t   dan   koefisien determinasi (uji R^2).Hasil  data  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  brand  image  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan, harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan, kualitas produk positif berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli  ulang  konsumen  batik  Pekalongan,  dan  daya  tarik  promosi  tidak  berpengaruh  dan  tidak  signifikan terhadap minat beli ulang konsumen pada batik Pekalongan.

Kata Kunci: Brand image, harga, kualitas produk, daya tarik promosi dan minat beli ulang

 

Sumber:

Journal of Economic, Business and Engineering Vol. 1, No. 1, Oktober 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan