ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS GAYA BELAJAR
ANALISIS
KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN
JENIS GAYA BELAJAR
Devi
Oktaviana, Maimunah, Yenita Roza
Program
Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Riau
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan
penalaran dalam memecahkan suatu permasalahan matematika dengan melihat jenis
gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif. Pengambilan subjek 6 siswa SMP Swasta Kalam Kudus Pekanbaru kelas
VII. Instrument penelitian berupa soal uraian sebanyak 2 soal, angket gaya
belajar, serta wawancara. Instrumen angket gaya belajar terdiri dari pertanyaan
bersifat kalimat positif dan negatif dimana akan diserahkan kepada siswa,
kemudian pemilihan subjek dengan kategori belajar visual diambil tiga siswa
yang dilihat dari nilai kognitif tinggi, sedang, serta rendah. Selanjutnya
ketiga siswa berdasarkan nilai kognitif tersebut diuji melalui tes tertulis dan
ketiga siswa juga akan diwawancarai dalam rangka memperoleh tambahan
keterangan. Dari hasil penelitian, terlihat setiap jenis gaya belajar yaitu:
Visual, Auditori, Kinestetik yang mempunyai kemampuan penalaran tingkat sedang.
Berdasarkan indikator penalaran matematis, menarik kesimpulan dari pernyataan
terbaik ialah gaya belajar visual, kemampuan mengajukan dugaan yang terbaik
ialah gaya belajar auditori, melakukan manipulasi matematika ketiga gaya
belajar sudah melakukan dengan cukup baik, kemampuan menemukan pola matematis
untuk membuat genariliasi yang terbaik ialah gaya belajar kinestetik, kemampuan
melakukan manipulasi terbaik adalah gaya belajar visual, memeriksa kesahihan
suatu argumen serta menarik kesimpulan akhir yang terbaik merupakan gaya
belajar auditori.
Kata Kunci:
Analisis; Kemampuan
Penalaran; Gaya Belajar.
Sumber:
Jurnal Paedagogy:
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 9 No. 3 : Juli 2022
Komentar
Posting Komentar