ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

 

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

1)Bambang Suryantoro 2)Yan Kusdyana

1)STIE Kasih Bangsa Jakarta 2)STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Politeknik Pelayaran Surabaya. Metode  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif dengan  pendekatan  kualitatif.  Penelitian  deskriptif  kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang  terjadi di lapangan dan  menyajikan data  secara  sistematis,  faktual, dan akurat  mengenai   fakta-fakta  atau fenomena  yang  terjadi  di  lapangan.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  teknik  observasi,  wawancara,  dan dokumentasi.  Peneliti  menggunakan  triangulasi  sumber  untuk  mengecek  keabsahan  data  penelitian.  Analisis data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  tiga  komponen  yang  terdiri  dari  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan   kesimpulan.   Hasil   penelitian   ini   menunjukan   bahwa   Kualitas   pelayanan   publik   di   Politeknik Pelayaran  Surabaya  sudah  diterapkan  dimensi Tangibel, Realibility, Responsiveness,Assurance dan Empathy beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara  lain  ketidaknyamanan  tempat  pelayanan  termasuk  sarana  dan  prasarana  yang  kurang  diperhatikan kebersihan dan fungsinya.

Kata Kunci :Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Publik

 

Sumber:

Jurnal Baruna Horizon Vol. 3, No. 2, Desember 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan