ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) KANTOR KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG
ANALISIS
KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN
MASYARAKAT (IKM) KANTOR KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG
Luh Dea Damayanti1, Kadek
Rai Suwena2, Iyus Akhmad Haris3
Jurusan
Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi
Universitas
Pendidikan Ganesha Singaraja,
Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan
kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten
Buleleng diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan
Masyarakat (IKM) ditinjau dari pelayanan administratif. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan
Masyarakat berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25
Tahun 2004. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sawan dengan jumlah
responden 150 orang menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan
jenis accidental sampling. Data yang dikumpulkan, dilakukan dengan metode
kuisioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat
terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Sawan diukur berdasarkan kepuasan masyarakat
menggunakan IKM masyarakat dari keseluruhan indikator pelayanan sudah sesuai
dengan harapan masyarakat namun dari segi fasilitas untuk pengaduan masyarakat
seperti kotak saran belum ada. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan
Sawan diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan IKM secara total dari
14 indikator pelayanan pada rentang nilai IKM 2,51-3,25 dengan nilai konversi
IKM pada rentang 62,51-81,25 yang berada pada kategori mutu pelayanan dan kinerja
pelayanan baik. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat merasa puas tenhadap
pelayanan yang diberikan dengan adanya mutu pelayanan dan kinerja pelayanan
yang baik.
Kata kunci: kepuasan, pelayanan, persepsi
Sumber:
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Volume 11 No. 1 Tahun 2019
Komentar
Posting Komentar