Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa
Analisis
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil
Belajar Siswa
Gita
Lilis Suarni, M. A. Rizka, Zinnurain
Fakultas
Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Pendidikan Mandalika
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
model pembelajaraan sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa di
SMP Negeri 3 Batukliang. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data penelitian ini menggunakan t-test. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikan
5% dengan db=24-1=23 (7,768 > 2.069), sehingga penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VIII di SMP
Negeri 3 Batukliang.
Kata Kunci:
Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar.
Sumber:
Jurnal Paedagogy:
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Januari 2021. Vol. 8 No. 1
Komentar
Posting Komentar