Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Menggunakan Metode Logistic Regression

 

Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Menggunakan Metode Logistic Regression

Muhammad Raja Nurhusen, Jamaludin Indra, Kiki Ahmad Baihaqi*

Fakultas Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Universitas Buana Perjuangan, Karawang, Indonesia

 

Abstrak−Di Indonesia sendiri, BBM merupakan bahan baku yang sangat penting bagi masyarakat, khususnya bagi sektor perindustrian. Kebijakan kenaikan harga BBM memicu kontroversi di media sosial, salah satunya Twitter. Setelah kenaikan harga BBM disahkan, setiap hari di Twitter dipenuhi cuitan dengan hastag (#bbmnaik). Pro dan kontra yang ada di tengahtengah masyarakat tentang kenaikan harga BBM menjadi bahan penelitian yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat apakah bersifat penolakan atau mendukung. Metode yang digunakan adalah Logistic Regression dengan dibantu Confusion Matrix untuk perhitungan evaluasi. Keunggulan dari metode ini dibandingkan dengan metode lainnya yaitu metode Logistic Regression sering digunakan untuk membuat sebuah model prediksi yang nilai hasilnya berbentuk ya/tidak, benar/salah, dengan demikian metode ini sangat cocok untuk penelitian ini. Data yang digunakan sebesar 3000 data dengan kata kunci (kenaikan harga bbm). Hasil analisis yang sudah dilakukan bahwa sentimen positif mendapatkan nilai akurasi sebesar 38% dan sentimen negatif sebesar 80%. Performa klasifikasi metode Logistic Regression memperoleh 73%. Hasil perhitungan evaluasi dengan Confusion Matrix menggunakan data testing sebanyak 600 data mendapatkan tingkat akurasi sebesar 77%, nilai presisi 95%, nilai recall 79%, dan nilai f1 score 86%. Maka dapat disimpulkan hasil dari analisis yang sudah dilakukan bahwa masyarakat lebih pro terhadap penolakan kenaikan harga BBM.

Kata Kunci: BBM; Klasifikasi; Logistic Regression; Confusion Matrix; Prediksi

 

Sumber:

JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA

Volume 7, Nomor 1, Januari 2023, Page 276-282

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan