ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF
ANALISIS
KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF
Alfiyatur
Rohmaniyah1, Denis Ekasari2, Wagiran3, Deby
Luriawati Naryatmojo4
Program
Studi Bahasa Indonesia Pascasarjana, Semarang
Universitas
Negeri Semarang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan
hasil analisis kualitas instrument penilaian keterampilan berbahasa reseptif
soal Bahasa Indonesia tingkat SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah studi dokumentasi. Pembahasan pada artikel ini merupakan sebagian
langkah dari penelitian analisis soal Bahasa Indonesia teks nonsastra yang
mengandung keterampilan berbahasa reseptif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kualitas instrument penilaian pada soal teks nonsastra Bahasa Indonesia
tingkat SMP belum sesuai dengan kaidah penyusunan butir soal yang baik dan
benar. Hasil telaah soal menunjukka aspek materi hanya memenuhi 79%, kemudian
aspek konstruksi 80% dan aspek bahasa atau budaya 89%.
Kata Kunci: Analisis, Instrumen Penilaian, Berbahasa
Reseptif
Sumber:
ASAS : JURNAL SASTRA
Volume 12 No. 1, Januari 2023
Komentar
Posting Komentar