ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK PERKREDITAN RAKYAT MUHADI SETIA BUDI (BPR MSB) KABUPATEN BREBES

 

ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK PERKREDITAN RAKYAT MUHADI SETIA BUDI (BPR MSB) KABUPATEN BREBES

Slamet Bambang Riono1, Dwi Harini2, Muhammad Syaifulloh3, Suci Nur Utami4

123Program Studi Manajemen, Universitas Muhadi Setiabudi

4Program Studi Agribisnis, Universitas Muhadi Setiabudi

 

ABSTRAK-

Loyalitas  nasabah  merupakan  tujuan  setiap penyedia  jasa (service provider). Loyalitas  nasabah  di  Bank Perkreditan  Rakyat  Muhadi  Setia  Budi  (BPR  MSB)  Brebes tidak   hanya   tentang   loyalitas   merek   tetapi   juga   proses pembelian   berulang.   Untuk   membentuk loyalitas,   tidak sekadar atas dasar perilaku saja, sebab berarti tidak akan ada perbedaan jaraktrue  loyalty dan spurious  loyalty.Loyalitas nasabah  hanya  bisa  diperoleh,  jika  nasabah  merasa  sangat puas,  tanpa  keluhan (complain). Penyelesaian keluh kesah nasabah  akan  berkaitan  erat  dengan  pemulihan  jasa (service recovery),sedangkan  perilaku  diam  dari nasabah yang  tidak atau    kurang puas    erat kaitan    dengan    studi    tentang noncomplainers. Kualitas  pelayanan  publik  merupakan  suatu  kondisi  nasabah merasa   aman   dalam   setiap   transaksi   dilakukan,   bentuk pelayanan   yang   bermutu,   sikap   perhatian   dan   responsif kepada  nasabah.  BPR  MSB  perlu  mengarahkan  bisnis  dan basis   strateginya   dengan   konsep customer   focused,agar mempertahankan  nasabah,  menjadi  sebuah  prioritas,  karena lebih sulit dibandingkan mendapatkan nasabah baru. Relationship   marketing dapat   diartikanbahwa   loyalitas nasabah  harus  dibangun  dengan  upayakeras  agar  semakin customized. Hubungan (partnership)yang   kuat   dengan pelanggan  akan  dapat  menciptakan  tingkat  kepuasan.  Jika kepuasan  dirasakan  terus  menerus  dalam  jangka  waktu  yang lama,   maka   akan   menciptakan   loyalitas   nasabah.   Pada akhirnya  akan  meningkatkan  hubungan  yang  baik  antara bank  dan  nasabah.  Hal  ini  merupakan  salah  satu  cara pihakBPR  MSB  menjalin hubungan  baik agar nasabah  tetap  loyal terhadap jasa-jasa pelayanan. Tujuan penelitian  ini  untuk  menganalisis  pengaruh  kualitas pelayanan  terhadap  loyalitas  nasabah;  pengaruh relationship marketing terhadap   loyalitas   nasabah;   pengaruh   kualitas pelayanan  dan relationship  marketingsecara  bersama-sama terhadap loyalitas nasabah.Hasil    penelitian    menunjukkan    nilai thitung    variebel relationship marketing (X2) sebesar 0.465> dari nilai thitung variabel  pelayanan  publik (X1)sebesar  0.358,  maka  dapat dikatakan    bahwa    variebel relationship    marketing (X2)memiliki  pengaruh  yang  lebih  dominan  terhadap  loyalitas nasabah(Y) dalam menggunakan jasa di BPR MSB. Nilai R Square   sebesar   0.674,   mengandung   arti   bahwa   variavel pelayanan publik (X1) dan relationship marketing (X2)secara bersama-sama    mempunyai    pengaruh    terhadap loyalitas nasabah(Y) sebesar  67.40%,  sedangkan  sisanya  (100% –67.40%  =  32.60%  dipengaruhi  oleh  variabel  lain  di  luar persamaan regresi atau variable yang tidak diteliti. Penelitian   ini   menggunakan   jenis   penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Tujuannya untuk  menguji  suatu  teori  atau  hipotesis  guna memperkuat  atau  bahkan  menolak  teori  atau  hipotesis  hasil penelitian  yang  sudah ada.  Instrumen  yang digunakan  dalam pengumpulan   data   adalah   dengan   kuesioner   dan   diolah dengan bantuan program SPSS.

Kata Kunci: pelayanan publik, relationship   marketing, loyalitas nasabah

 

Sumber:

JURNAL INVESTASI

Vol.6 No.2, November 2020, hlm.143-154

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan