Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember

 

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember

Tyas Kurniawati*,Bambang Irawan, Adi Prasodjo

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember (UNEJ)

Jln. Kalimantan 37, Jember 68121

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari kualitas pelayanan, harga, dan brand image terhadap kepuasankonsumen restoran Pizza Hut Cabang Jember. Jenis penelitian adalah explanatory research. Populasi penelitian adalah seluruhkonsumen   Pizza   Hut   di   kota   Jember.   Teknik   pengambilan   sampel   yang   dilakukan   pada   penelitian   ini   menggunakannonprobability dengan teknik purposive sampling dan ditetapkan sebesar 120 responden. Metode analisis data yang digunakanadalah analisis regresi linier berganda dengan pendekatan konfirmatori. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh kualitaspelayanan terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, dan terdapat pengaruh brandimage  terhadap kepuasan konsumen restoran Pizza Hut Cabang Jember. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayananberpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan layanan yang diberikan pihak Pizza Hut Cabang Jember sesuaidengan harapan dan layanan yang diberikan sudah cukup (memuaskan). Maka dari itu, semakin tinggi kualitas layanan makakepuasan pelanggan juga semakin meningkat. Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakanharga yang diukur dalam penerimaan dan kewajaran harga tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh pihak restoran Pizza HutCabang Jember. Brand image tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan brand image yang dimilikiPizza Hut Cabang Jember tidak mempunyai pengaruh ke arah positif maupun negatif.

Kata Kunci: Brand Image, Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan.

 

Sumber:

e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2019, Volume VI (1) : 147-151

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan