ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO HEAD AND SHOULDERS DI 24 MART MANADO
ANALISIS
PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK
SHAMPO HEAD AND SHOULDERS DI 24 MART MANADO
Oleh:
Valentine
Parengkuan1
Altje
Tumbel2
Rudy
Wenas3
1,2,3Fakulats
Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen
Universitas
Sam Ratulangi Manado
ABSTRAK
Perkembangan dunia usaha ini ditandai dengan makin
banyaknya persaingan. Tujuan perusahaan adalah memperoleh laba yang maksimal.
Untuk memperoleh laba yang maksimal perusahaan harus menjual produk terlebih
dahulu. Keputusan pembelian konsumen sangat menentukan penjualan suatu
perusahaan dan nantinya akan mempengrahui laba bersih perusahaan. Beberapa
faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Brand Image dan Celebrity
Endorsmet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Celebrity
Endorsment terhadap keputusan pembelian konsumen Head and Shoulders di 24 Mart
Bahu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah enam puluh delapan Responden dengan
teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Brand Image dan Celebrity Endorsement berpengaruh
secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial Brand
image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan Celebrity
Endorsment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil
ini menunjukkan ternyata orang dalam menggunakan produk shampo tidak melihat
image atau citra merek itu sendiri tetapi terpengaruh oleh bintang iklan itu.
Maka manajemen perusahaan sebaiknya tetap mempertahankan Celebrity endorsment
untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap penggunaan produk.
Kata kunci: brand Image, celebrity endorsment,
keputusan pembelian
Sumber:
Jurnal EMBA
Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1792-1802
Komentar
Posting Komentar