ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO HEAD AND SHOULDERS DI 24 MART MANADO

 

ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO HEAD AND SHOULDERS DI 24 MART MANADO

Oleh:

Valentine Parengkuan1

Altje Tumbel2

Rudy Wenas3

1,2,3Fakulats Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Universitas Sam Ratulangi Manado

ABSTRAK

Perkembangan dunia usaha ini ditandai dengan makin banyaknya persaingan. Tujuan perusahaan adalah memperoleh laba yang maksimal. Untuk memperoleh laba yang maksimal perusahaan harus menjual produk terlebih dahulu. Keputusan pembelian konsumen sangat menentukan penjualan suatu perusahaan dan nantinya akan mempengrahui laba bersih perusahaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Brand Image dan Celebrity Endorsmet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment terhadap keputusan pembelian konsumen Head and Shoulders di 24 Mart Bahu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah enam puluh delapan Responden dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image dan Celebrity Endorsement berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial Brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan Celebrity Endorsment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil ini menunjukkan ternyata orang dalam menggunakan produk shampo tidak melihat image atau citra merek itu sendiri tetapi terpengaruh oleh bintang iklan itu. Maka manajemen perusahaan sebaiknya tetap mempertahankan Celebrity endorsment untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap penggunaan produk.

Kata kunci: brand Image, celebrity endorsment, keputusan pembelian

 

Sumber:

Jurnal EMBA

Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1792-1802

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan