ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
ANALISIS
PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Taufan
Hidayat
Manajemen
Universitas Negeri Yogyakarta
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) pengaruh
produk terhadap keputusan
pembelian rumah makan Koki
Jody di Magelang,
(2) pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian
rumah makan Koki
Jody di Magelang, (3)
pengaruh promosi terhadap
keputusan pembelian rumah
makan Koki Jody
di Magelang, (4) pengaruh lokasi terhadap keputusan
pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang dan(5) pengaruh produk, harga,
promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di
Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh pelanggan rumah makan Koki Jody di Magelang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak
155 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis
data yang digunakan
adalah regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) terdapat pengaruh positif produk terhadap
keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan nilai t
hitung sebesar 3,174; nilai signifikansi 0,002<0,05; dan koefisien regresi
sebesar 0,229; (2) terdapat pengaruh positif harga terhadap keputusan pembelian
rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar
2,739; nilai signifikansi 0,007<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,197;
(3) terdapat pengaruh positif promosi
terhadap keputusan pembelianrumah makan
Koki Jody di
Magelang. dibuktikan dari
nilai t hitung sebesar 4,384; nilai signifikansi
0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,313; (4) terdapat pengaruh
positif lokasi terhadap keputusan
pembelian rumah makan
Koki Jody di
Magelang, dibuktikan nilai
t hitung sebesar 3,366; nilai
signifikansi 0,001<0,05; dan
koefisien regresi sebesar
0,240; dan (5)
terdapat pengaruh produk, harga, promosi,
dan lokasi secara
bersama-sama terhadap keputusan
pembelian rumah makan
Koki Jody di Magelang, dibuktikan dengan nilai F hitung
sebesar 12,147 dan signifikansi 0,000<0,05.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Produk, Harga,
Promosi, Lokasi
Sumber:
Jurnal Ilmu Manajemen,
Volume 17, Nomor 2, 2020
Komentar
Posting Komentar