PENGEMBANGAN MODUL MULTIMEDIA INTERAKTIF PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA INDUSTRI RUMAHAN UNTUK SMALB TUNAGRAHITA
PENGEMBANGAN
MODUL MULTIMEDIA INTERAKTIF PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA INDUSTRI RUMAHAN
UNTUK SMALB TUNAGRAHITA
Meliawati
Adi Permitasari, Hartono Hartono, SugitoSugito
Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya
Abstrak
Pengembangan produk
'modul multimedia interaktif'tentang pendidikan kewirausahaan yang diintegrasikan pada mata
pelajaran keterampilan tata
boga dengan materi membuat kue kering bertujuan untuk memberikan media
pembelajaran yang dapat digunakan
sebagai bahan ajar
sesuai karakteristik peserta
didik SMALB tunagrahita.Produk
ini dirancang untuk membantu
pembekalan peserta didik
dalam hal, yaitu: wawasan
kewirausahaan, menumbuhkan karakter
mandiri, memberikan motivasi sehingga
timbul rasa percaya
diri ketika lulus
dan berbaur di
masyarakat karena memiliki pengetahuan dan keterampilan.Produk
iniberbentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada handphone androiddan
komputer sehingga mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini adalah
jenis penelitian pengembangan yang hasilnya
untuk mengetahui kelayakan
produk yang dikembangkan
didasarkan pada hasil validasi
ahli materi dan
ahli desain media
pembelajaran. Model pengembangan
yang digunakan adalah Model 4-Ddengan tahapan, yaitu: define, design, develop,
dan disseminate. Jenis data
yang diambil berupa
data kualitatif yang
dikuantitatifkan dengan
penilaian deskriptif (perhitungan persentase). Data
diperoleh dengan instrumen skala
penilaian. Hasil validasi ahli materi (92.74%) dan ahli desain media
pembelajaran (84.17%). Hasil
uji coba produk
kelompok kecil (93.10%)
dan kelompok besar (93.85%). Hasil persentase
80%-100% dikategorikanbaik sekali
sehingga bahan ajar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar tanpa revisi.
Kata kunci : modul
multimedia interaktif;pendidikan kewirausahaan;tunagrahita
Sumber :
Jurnal Inovasi Teknologi
PendidikanVolume 9, No.1
Komentar
Posting Komentar