PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

 

PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Trisdayana Aryadhe

Alit Suryani

Ida Bagus Sudiksa

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia

 

ABSTRAK

 

Persaingan industry sepeda motor yang semakin ketat, menuntut setiap produsen untuk peka terhadap kemajuan zaman, teknologi dan perubahan kebutuhan atau selera konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui kebenaran dari penelitian sebelumnya mengenai pengaruh variabel sikap terhadap niat beli, norma subjektif terhadap niat beli dan niat beli terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-porbability sampling melalui teknik purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 120 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada konsumen sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial least square). Berdasakan hasil penelitian yang didapat melalui hasil pengujian menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, norma subjektif juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, begitupun hubungan antara niat beli terhadap keputusan pembelian yang menunjukkan hasil yang sama yaitu positif dan signifikan.

 

Kata kunci: sikap, norma subjektif, niat beli, keputusan pembelian

 

Sumber:

E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 3, 2018: 1452-1480

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan