PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
PENGARUH
SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Trisdayana
Aryadhe
Alit
Suryani
Ida
Bagus Sudiksa
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
ABSTRAK
Persaingan industry
sepeda motor yang semakin ketat, menuntut setiap produsen untuk peka terhadap
kemajuan zaman, teknologi dan perubahan kebutuhan atau selera konsumennya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui kebenaran dari
penelitian sebelumnya mengenai pengaruh variabel sikap terhadap niat beli,
norma subjektif terhadap niat beli dan niat beli terhadap keputusan pembelian
konsumen sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. Metode pengambilan sampel
menggunakan metode non-porbability sampling melalui teknik purposive sampling
dengan ukuran sampel sebanyak 120 orang responden. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada konsumen sepeda motor Honda
Scoopy di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS
(Partial least square). Berdasakan hasil penelitian yang didapat melalui hasil
pengujian menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap
niat beli, norma subjektif juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
niat beli, begitupun hubungan antara niat beli terhadap keputusan pembelian
yang menunjukkan hasil yang sama yaitu positif dan signifikan.
Kata kunci: sikap, norma
subjektif, niat beli, keputusan pembelian
Sumber:
E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.
7, No. 3, 2018: 1452-1480
Komentar
Posting Komentar