KORELASI TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU
KORELASI
TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU
N.
L. Nidia Kustinayanti, I Komang Ngurah Wiyasa
Prodi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja,
Indonesia
Abstrak
Menurunnya kinerja
guru diakibatkan oleh
kepemimpinan kepala sekolah
dan lingkungan kerja yang
belum maksimal. Penelitian
ini bertujuan untuk
mengetahui korelasi tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan
kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto.
Populasi dari penelitian ini adalah 35 guru
PNS. Teknik dalam
pengambilan sampel ini
menggunakan sampling total
yaitu jumlah populasisama dengan
jumlah anggota dari
sampelnya. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan
metode non tes.
Data tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan
kerja diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data kinerja guru
diperoleh melalui pencatatan
dokumen. Uji hipotesis
dilakukan dengan uji analisis
korelasi product moment
dan uji analisis
korelasi ganda. Hasil
penelitian menunjukkan
bahwa terdapat korelasi
yang signifikan tipe
kepemimpinan kepala sekolah terhadap
kinerja guru dengan
nilai 0,842 ≥ 0,334,
terdapat korelasi yang signifikan lingkungan
kerja terhadap kinerja
guru dengan nilai
0,842 ≥ 0,334,
serta terdapat korelasi yang
signifikan antara tipe
kepemimpinan kepala sekolah
dan lingkungan kerja terhadap
kinerja guru dengan
nilai 0,862 ≥
0,334. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat korelasi yang
signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap
kinerja guru.
Kata kunci:Tipe
Kepemimpinan, Lingkungan, Kinerja Guru
Sumber :
Jurnal Pedagogi dan
Pembelajaran
Vol. 4 No. 1, Tahun 2021,
pp. 179-191
Komentar
Posting Komentar