ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS GAYA BELAJAR
ANALISIS
KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN
JENIS GAYA BELAJAR
Devi
Oktaviana, Maimunah, Yenita Roza
Program
Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Riau
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis kemampuan penalaran dalam memecahkan suatu permasalahan
matematika dengan melihat jenis gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek 6 siswa SMP Swasta
Kalam Kudus Pekanbaru kelas VII. Instrument penelitian berupa soal uraian
sebanyak 2 soal, angket gaya belajar, serta wawancara. Instrumen angket gaya belajar
terdiri dari pertanyaan bersifat kalimat positif dan negatif dimana akan
diserahkan kepada siswa, kemudian pemilihan subjek dengan kategori belajar visual
diambil tiga siswa yang dilihat dari nilai kognitif tinggi, sedang, serta
rendah. Selanjutnya ketiga siswa berdasarkan nilai kognitif tersebut diuji melalui
tes tertulis dan ketiga siswa juga akan diwawancarai dalam rangka memperoleh
tambahan keterangan. Dari hasil penelitian, terlihat setiap jenis gaya belajar
yaitu: Visual, Auditori, Kinestetik yang mempunyai kemampuan penalaran tingkat
sedang. Berdasarkan indikator penalaran matematis, menarik kesimpulan dari
pernyataan terbaik ialah gaya belajar visual, kemampuan mengajukan dugaan yang
terbaik ialah gaya belajar auditori, melakukan manipulasi matematika ketiga
gaya belajar sudah melakukan dengan cukup baik, kemampuan menemukan pola
matematis untuk membuat genariliasi yang terbaik ialah gaya belajar kinestetik,
kemampuan melakukan manipulasi terbaik adalah gaya belajar visual, memeriksa
kesahihan suatu argumen serta menarik kesimpulan akhir yang terbaik merupakan
gaya belajar auditori.
Kata Kunci:
Analisis; Kemampuan
Penalaran; Gaya Belajar.
Sumber:
Jurnal Paedagogy:
Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan
Vol. 9 No. 3 : Juli 2022
Komentar
Posting Komentar