ANALISIS MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEWUJUDKAN GENERASI BERAKHLAKUL KARIMAH
ANALISIS
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEWUJUDKAN GENERASI
BERAKHLAKUL KARIMAH
Nur
Fitri Amalia, Dewi Halimatus Zuhro
Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Abstrak
Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan mengetahui manajemen pendidikan karakter di Madrasah
Ibtidaiyah untuk mewujudkan generasi berakhlakul karimah. Generasi berakhlakul
karimah merupakan salah satu tujuan besar dalam dunia Pendidikan, namun adanya
perkembangan teknologi yang semakin maju luar biasa bertolak belakang dengan
moralitas kehidupan yang
semakin terjadi degradasi
luar biasa. Kritis
moralitas saat ini penting untuk segera dicari alternatif
solusinya. Manajemen Pendidikan karakter menjadi salah satu cara yang
efektif untuk diimplementasikan. Metode penelitian
ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Triangulasi
metode dan triangulasi sumber dilakukan
untuk memastikan keabsahan
data. Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan; 1) Akhlakul
karimah (kejujuran, kepedulian,
kedisiplinan dan tanggung
jawab)siswa MI Tarbiyatul
Islam mengalami peningkatan yang
signifikan setelah diterapkan Manajemen Pendidikan
karakter; 2)Manajemen
pendidikan karakter diterapkan
dengan strategi PPEPP
(Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi,
Pengendalian dan Peningkatan) pada pembelajaran dan kegiatan di
Madrasah;
Kata Kunci : Manajemen,
Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah.
Sumber :
JURNAL BASICEDU
Volume 6 Nomor 2 Tahun
2022
Halaman 2370 -2379
Komentar
Posting Komentar