ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING
ANALISIS
KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING
Indah
Suci Zaleha, Erfan Ramadhani, Aldora Pratama
Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
Abstrak
Masalah penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana
gambaran kemampuan literasi
digital siswa kelas
V, mengetahui kemampuan mengakses
informasi di internet,
mengetahui kemampuan mengelola
informasi di internet, mengetahui
kemampuan menggunakan informasi
yang tersedia di
internet. Metode yang
peneliti gunakan dalam penelitian
ini adalah menggunakan
pendekatan kualitatif dan
deskriftif. Informasi penelitian diperoleh dari
informan guru kelas
V dan siswa
kelas V. pengumpulan
data pada penelitian
ini melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknis
analisis data yang
digunakan yaitu data reduction(reduksi data), data display(penyajian data),
kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan dari
hasil penelitian dapat mengambil kesimpulan
bawasannya kemampuan literasi
digital pada siswa
kelas V dengan
menggunakan informasi
melalui media digital
berdampak kearah positif.
Yang artinya siswa
kelas V sudah
dikatakan cukup baik dalam
mengakses, mengelola dan
menggunakan informasi untuk
keperluan pendidikan maupun
di kehidupan sehari-hari.
Selain itu dalam memanfaatkan informasi di
internet siswa kelas
V sudah menerapkan dalam pembelajaran disekolah
dengan menerima informasi,
berkomunikasi dan memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas disekolah.
Adapun pendapat dari siswa suatu informasi yang ada di internet sangat
bermanfaat mampu memperkaya
wawasan digital, pengetahuan
dan mendorong siswa
untuk mencari informasi melalui
berbagai sumber referensi
yang tersedia di
internet. Dengan demikian
hasil dari penelitian kemampuan literasidigital pada
siswa kelas V sudah cukup baik dan mengarah ke hal yang positif yang artinya
siswa kelas V
sudah mampu mengakses,
mengelola, dan menggunakan
informasi di internet
dengan cukup baik.
Kata Kunci: Kemampuan,
Literasi Digital, Pada Siswa
Sumber:
Jurnal Pendidikan dan
Konseling
Volume 4 Nomor 4 Tahun
2022
Komentar
Posting Komentar