ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUAN GEOGEBRA
ANALISIS
MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
BERBANTUAN GEOGEBRA
Zilan
Jafirah Rohmatunnisa, Ika Wahyu Anita, Euis Eti Rohaeti, Ratna Sariningsih
IKIP
Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi
belajar pada materi bangun ruang sisi datar berbantuan geogebra. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 6 orang, yang
terdiri 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket skala motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang
sisi datar yang didukung oleh aplikasi geogebra dengan memuat 10 pernyataan
masing – masing 5 pernyaatan positif dan negatif. Hasil analisis pada
penelitian ini menunjukkan bahwa siswa termotivasi dengan adanya penggunaan
aplikasi Geogebra. Rata – rata respon siswa tergolong sangat kuat. Menggunakan
aplikasi Geogebra ini terbukti sangat membantu siswa pada materi bangun ruang
sisi datar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar,
Geogebra
Sumber:
Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif
Volume 5, No. 4, Juli
2022
Komentar
Posting Komentar