ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT
ANALISIS
KESULITAN GURU KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
MICROSOFT POWERPOINT
Warkintin,
Muhammad Rian Subekti, Dewi Purwantari
Program
Studi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Abstrak
Tujuan penelitian ini
adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang Microsoft Powerpoint sebagai
media pembelajaran. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan
kesulitan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran berbasis Microsoft
Powerpoint. (3) Mendeskripsikan Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk
mengatasi kesulitan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran berbasis
Microsoft Powerpoint. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan
rendahnya kemampuan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran berbasis
Microsoft Powerpoint. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Kemampuan guru kelas V dalam membuat media pembelajaran masih kurang karena
guru kelas V hanya mengetahui 36% fungsi dari menu-menu yang ada pada Microsoft
Powerpoint. (2) Faktor penyebab kesulitan guru kelas V dalam membuat media
pembelajaran terdapat dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.
(3) Upaya yang dilakukan guru kelas V ialah bertanya kepada teman dewan guru
yang lainnya yang dianggap lebih menguasai media pembelajaran berbasis Microsoft
Powerpoint serta Browsing di internet terkait cara mengaplikasikan Microsoft Powerpoint.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V Sekolah Dasar
Negeri 7 Pelaik Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang hanya menguasai 36%
dari menu-menu yang ada pada Microsoft Powerpoint sehingga menyebabkan guru
tersebut mengalami kesulitan serta memiliki kemampuan yang kurang dalam membuat
media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint.
Kata Kunci: Kesulitan,
Media, Pembelajaran, Microsoft Powerpoint
Sumber :
JUTECH (Journal Education
and Technology)
Volume 3, Nomor 1, Juni
2022
Komentar
Posting Komentar