ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ’ULAMA BATANG TORU
ANALISIS
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN PENGGUNAAN
MICROSOFT EXCEL MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ’ULAMA BATANG TORU
Ernawati
Siregar, Mohd. Arifin, Susi Sulastri Lubis
Pendidikan
Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan
Abstrak
Tujuan penelitian adalah
untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menjawab atau menyelesaikan soal-soal
sistem persamaan linear tiga variabel dengan penggunaan Microsoft Excel
Madrasah Aliyah Nahdlatul ’Ulama Batang Toru Kelas X. Subjek penelitian adalah
orang yang telah melaksanakan pembelajaran dalam menjawab soal sistem persamaan
linear tiga variabel. Setelah data dikumpulkan dapat disimpulkan sebagai
berikut: kemampuan pemecahan siswa karena prosedur tepat,terampilnya siswa
terutama keterampilan menghitung, dan pengambilan data yang tepat. Selain itu,
beberapa siswa masih kurang paham dalam menyelesaikan soal-soal sistem
persamaan linear tiga variabel. Dalam hal ini, siswa bingung untuk
menyelesaikan langkah-langkah soal, sebagian siswa langsung mengetahui apa yang
akan dikerjakannya. Dari Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X IPA 1
melalui Microsoft Excel dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem
persamaan linear menunjukkan dari sebanyak 24 orang siswa terdapat 6 butir soal
diperoleh presentase kemampuan soal nomor 1 sebanyak 55,66 % dengan kriteria ”sedang”,
soal nomor 2 sebanyak 38% dengan kriteria “rendah”, soal nomor 3 sebanyak 53,33%
dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 4 sebanyak 59% dengan kriteria ”sedang”,
soal nomor 5 sebanyak 62,83% dengan kriteria ”tinggi”, soal nomor 6 sebanyak 59,5%
dengan kriteria ”sedang”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentase
tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dari yang tertinggi hingga yang
terendah adalah terdapat kategori tinggi sebanyak 11 orang siswa atau 32,6% dari
jumlah 24 siswa, dan kategori sangat tinggi sebanyak 13 orang siswa atau 51%
dari jumlah 24 siswa.
Kata kunci: Analisis,
Kemampuan Pemecahan Masalah, Microsoft Excel
Sumber :
PeTeKa (Jurnal Penelitian
Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Volume 4 Nomor 1 Tahun
2021
Komentar
Posting Komentar